Rabu, 21 Maret 2012

Tugu Khatulistiwa

       

        Beberapa tahun yang lalu saya berkesempatan mengunjungi kota pontianak,waktu itu saya sedang mengikuti kejuaraan olahraga pelajar wilayah atau POPWIL.Saya pergi bersama dengan tim popwil dari DKI jakarta,perjalanan sekitar 2 jam dengan pesawat terbang dari jakarta menuju pontianak.pontianak adalah salah satu kota di Indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa,oleh karena itu di pontianak cuacanya amat sangat panas.Beberapa hari saya berada di pontianak saya berkesempatan untuk mengunjungi tugu khatulistiwa, Tugu Khatulistiwa adalah salah satu ikon kota pontianak.tugu khatulistiwa juga disebut sebagai tanda dari garis titik nol derajat yang melewati kota pontianak. Didalam monumen tugu khatulistiwa terdapat catatan sejarah pembangunan tugu. 

 Diatas adalah gambar tugu khatulistiwa yang asli yang berada didalam monumen
      
       Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- IndiĆ« : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak dengan konstruksi sebagai berikut :
a. Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah.
b. Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah.
c. Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban. Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam.
d. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya. Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991.data tersebut saya dapatkan dari wikipedia karena berhubung sudah beberapa tahun lalu,saya sedikit lupa dengan data tersebut.


     Terdapat peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan "menghilang" beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.
Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan.Namun moment itu tidak saya dapatkan karena saya datang sekitar bulan juli,sedikit kecewa rasanya namun saya sudah sangat senang bisa mengunjungi tempat bersejarah yang menjadi ikon kota pontianak.suatu saat saya berharap saya bisa mengunjungi tugu khatulistiwa lagi.
  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar